Roket Antariksa SpaceX Meledak Tidak Terduga

0
561

Projek NASA dalam peluncuran roket bernama Dragon ini nampaknya mengalami kegagalan, ini adalah kegagalan pertama bagi masa setelah 6 roket yang lainnya telah berhasil diluncurkan dengan selamat.

Roket atau kapsul robotik ini mengudara menggunakan Roket Falcon 9 dari Cape Canaveral Air Force Station, Florida, Amerika Serikat pada Minggu 28 Juni 2015, tepatnya pada pukul 10.21 waktu setempat.

Pada awal peluncuran, Roket Falcon 9 ini dapat meluncur dengan baik sambil membawa Dragon mengudara, namun tiba – tiba saja roket ini pun kembali menungkik setelah 2 menit meluncur dan menyebabkan roket ini meledak di udara.

roket-nasa-meledak



Diduga SpaceX mengalami kerugian hingga US$ 1,6 Miliar, roket ini juga membawa 1.814 makanan, perbekalan dan eksperimen ilmiah yang akan dipasok ke Stasiun Luar Angkasa ( ISS ). Tidak hanya membawa pasokan saja, namun kamera dengan resolusi tinggi yang akan digunakan untuk mengetahui Mikroba yang ada di ISS juga menghilang.

Sebelumnya, pesawat tak berawak Progress 59 juga jatuh ke bumi sebelum mencapai ISS, hal ini membuktikan bahwa, untuk terbang ke luar angkasa tidaklah mudah.

Menurut pejabat NASA, pasokan makanan yang ada di ISS saat ini masih cukup banyak, sehingga tidak perlu terlalu khawatir, ia juga mengatakan akan mengadakan peluncuruan secepatnya yaitu Pesawat Kargo Progress yang akan diluncurkan pada 3 Juli 2015 mendatang, berikut ini video gagalnya peluncuran Kapsul robotik Dragon.

Komentar