Google, Facebook dan Twitter Terancam DiBlokir Rusia

0
359

Siapa yang tidak mengenal ketiga situs yang besar ini, namun, dibalik kebesarannya tersimpan beberapa masalah yang harus diselesaikan, salah satunya adanya masalah dengan Rusia. Pengawas komunikasi dan media pemerintah Rusia Roskomnadzor meminta Google, Facebook dan Twitter untuk menyerahkan data blogger tertentu. Apabila permintaannya ini tidak terpenuhi maka pemblokiran pun akan terjadi, sehingga ketiga situs ini tidak akan bisa diakses di Rusia.

Lembaga tersebut meminta untuk segera menyerahkan data pengguna yang khususnya blogger Rusia dengan 3 ribu atau lebih pembaca harian. Roskomnadzor juga meminta ketiga layanan tersebut untuk menghapus konten yang mempromosikan protes dan acara publik lainnya yang tidak mendapat izin.

Pada akhir tahun lalu, Presiden Rusia, Vladmir Putin telah berjanji untuk tidak menempatkan internet dibawah kendali Rusia. Namun tindakan Roskomnadzor ini ternyata berkebalikan dari janjinya. Facebook dan Twitter pernah menolak untuk memberikan data pengguna kepada Rusia, namun Google pernah memberikan sebatas 5 persen dari 134 permintaan Rusia untuk periode yang sama.

Google, Facebook dan Twitter saat ini enggan untuk berkomentar mengenai permintaan Rusia untuk memberikan data layanan pengguna. Demikian seperti dilansir Mashable, Rabu (27/5/2015).



Komentar