Golongan Darah Yang Sering Digigit Nyamuk

0
724
nyamuk menyukai golongan darah o

Pada dasarnya, nyamuk memang mengggigit segala mahluk hidup yang memiliki darah. Namun, ada satu golongan yang paling sering digigit nyamuk. Tentu, hal ini akan membuat sangat menjengkelkan. Ketika hanya orang dengan golongan tersebut yang digigit nyamuk.

Menurut dokter kulit Elizabeth Tanzim MD, Washington DC, Amerika Serikat mengatakan golongan darah mampu memberikan kerentanan dalam digigit nyamuk. “Kami belum mengetahui penyebabnya secara pasti, tapi biasanya golongan darah O paling menarik perhatian nyamuk.” ujarnya.

“Kulit golongan darah O cenderung lebih sensitif dan gigitan serangga bisa memicu pelepasan sel yang membuat kulit bengkak (bentol). Nah, yang menarik, nyamuk bisa merasakan, melalui sekresi kulit, jenis golongan darah apa yang mereka sukai,” tambahnya.

Dalam laporan pada halaman MNN, yang melaporkan penelitian mengenai pola karakterisitik nyamuk. Ternyata ada salah satu karaterisitik pada nyamuk, yaitu pada antena yang menempel, itu akan menjadi penanda armoa bagi nyamuk. Sehingga nyamuk bisa memilih darah mana yang paling digemari.



“Bau tubuh diproduksi secara alami dalam tubuh kita. Hebatnya, nyamuk tahu itu. Lalat dan nyamuk sebenarnya memiliki gen yang sama dalam memproduksi protein yang dapat menangkap atau mengikat bahan kimia tertentu di udara,” ungkap peneliti.

Tapi nyamuk tercipta dengan mendapatkan asupan dari darah yang dihisapnya. Adapun karateristik lain yang dapat menarik perhatian nyamuk. Yaitu pada saat hamil, menstruasi dan konsumsi alkohol. Nyamuk dapat mendeteksi dengan antenanya dan akan menyerang.

Komentar