Andy Rubin, Sosok Fenomenal Pencipta Sistem Operasi Android

0
1015

Siapa yang tidak mengetahui apa itu Android, sebuah invoasi yang menggebrak dunia telephone genggam.  Kini, nama Android sudah melekat dengan perusahaan raksasa Google, dan versi terbaru dari android telah memasuki versi ke 10 yang bernama Android KitKat.

Tahukah anda, siapakah pencipta dari Android?. Sebagai pengguna, kita pun harus mengetahui sejarah Android dan siapa sosok fenomenal dibalik penemuan tersebut. Ia adalah Andy Rubin yang lahir pada tahun 1962 dan dibesarkan di Chappaqua, New York.

Rubin pertama kali mengawali karirnya sebagai enginering dalam bidang robotik. Sejak dulu ia mempunyai passion untuk menciptakan mesin pintar. Pada Oktober 2013, Rubin berhasil mendirikan perusahaan startup Android, Inc. di Palo Alto bersama rekan – rekannya, yakni Richi Miner, Nick Sears dan Chris White.

Visi dan misi awal dari Android, Inc. ini adalah mengembangkan sistem canggih untuk kamera pintar, namun kamera pintar nampaknya tidak memiliki pangsa pasar yang baik. Hingga ia pun berputar arah untuk mengembangkan smartphone yang tengah naik daun saat itu.



Setelah Android bertahap naik daun, Google pun mengakusisi perusahaan Android, Inc. pada tahun 2005. Di Google, Andy Rubin memimpin tim tersebut untuk mengembangkan sebuah platform perangkat mobile berbasis linux. Sejak Android dibeli oleh google pada tahun 2005, Andy Rubin pun menjadi orang yang sangat penting dalam perkembangan Google. Sistem Android Andy mampu menguasai setengah dari smartphone di dunia ini. Andy juga dikenal sebagai eksekutif terpenting dalam Google.

Sayangnya, pada bulan Maret 2013, Andy mengundurkan diri dari Google. Meski begitu, ia tetap memiliki posisi di Google. Andy memilih mundur karena ingin mengerjakan proyek masa depannya yang berkaitan dengan robotik. Dimana bidang ini adalah bidang yang paling ia sukai.

Komentar