Wabah Virus Mers Berkemungkinan Menyerang Indonesia

0
333
virus mers

Wabah virus Mers memang cukup berbahaya dan negara Indonesia berkemungkinan akan terkena wabah virus Mers ini atau yang dikenal dengan bahasa ilmiahnya Middle East Respiratory Syndrome. Ditjen pengendalian Penyakit & Lingkungan ( DPPPL ) Kementrian Kesehatan, M. Subuh menyebutkan Indonesia dalam status beresiko.

Mengapa demikian?. Hal ini dikarenakan banyaknya warga Indonesia yang berkunjung ke Arab dengan berbagai macam kegiatan dan berkemungkinan terkena virus Mers, bilamana mereka pulang ke Indonesia. Virus ini dapat menyebar ke yang lainnya.

“Cuma Indonesia dengan jamaah haji serta umroh dan TKI terbesar di dunia ke Arab. Dengan waktu yang lama lagi,” tandas Subuh di Kantor DPPPL, Jalan Percetakan Negara, Jakarta Pusat, Kamis (25/6/2015).

Subuh tidak hanya memberikan pendapatnya saja, namun ia juga menguatkan dengan data – data yang ia miliki. Sekitar kurang lebih satu juta sampai dua juta WNI melakukan penerbangan ke Arab setiap tahunnya. Hal ini dapat menjadi resiko bagi negara Indonesia bila beberapa WNI terkerang virus Mers ini. Untuk itu pemerintah menggencarkan aksi sosialisasi terkait pencegahan Mers.



Meski hingga saat ini belum ada masyarakat Indonesia yang terjangkit virus pernapasan akut ini, tetap saja virus ini harus diwaspadai.

“Tapi dulu, WNI ada dua orang yang kena. Satu berjenis kelamin wanita di Arab Saudi dan meninggal di sana. Satu lagi jamaah umroh dari Makassar dan keadaannya sudah sembuh sebelum kembali ke Indonesia,” ungkapnya.

Virus yang menjamur pada September 2012 ini memang dapat membahayakan kesehatan. Telat saja dalam melakukan penanganan dapat menyebabkan kematian.

Komentar