Ini Dia Kisah Pendiri Alibaba Jack Ma

0
497
kisah pendiri alibaba

Tidak akan pernah menyangka bila melihat seseorang yang tadinya miskin mendadak menjadi kaya, begitulah yang dialami oleh Ma. Jack Ma adalah orang yang berasal dari Hangzhou, China. Ia lahir pada tahun 1964 yang orang tuanya hanya mampu hidup berkecukupan.

Sejak kecil, Ma sering bertengkar dengan kawan – kawannya karena ia selalu diejek dengan ukuran tubuhnya yang kecil. Diusianya yang ke 12 tahun, Ma mencoba untuk mempelajari bahasa inggris bahkan ia sengaja bersepeda ke sebuah hotel di dekat distrik West Lake hanya untuk bertemu turis asing.

Ia menawarkan jasanya untuk menjadi pemandu turis asing secara gratis. Ma melakukan ini demi mencapai cita – citanya untuk mempelajari bahasa Inggris. Ia juga membeli radio untuk mendengarkan siaran – siaran berbahasa Inggris.

Pria berwajah culun ini tidak pernah unggul dalam pelajaran Matematika, dia juga telah 2 kali gagal untuk masuk perguruan tinggi. Namun ia tidak putus asa menghadapi semuanya, Ma mencoba belajar kembali dan akhirnya dapat diterima disalah satu perguruan tinggi Hangzhou Teachers Institute.



Lulus dari perguruan tinggi tersebut, nasib baik belum menghampiri Ma. Ia mencoba melamar kerja namun selalu ditolak dan akhirnya ia memutuskan untuk mengajar pada sebuah universitas setempat dengan bayaran yang sangat kecil, yaitu $ 12 – $ 15 per bulannya pada saat itu.

Pada tahun 1995, Ma pergi ke Seattle, Amerika Serikat ( AS ). Disana ia bekerja sebagai penerjemah. Pada awal kunjungan kesana Ma diperkenalkan dengan yang namanya internet oleh temannya, temannya mengatakan bahwa segala hal dapat ditemukan dalam internet.

Ia pun mencoba searching tentang China, namun tidak dapat menemukannya. Disinilah Ma berfikir untuk meluncurkan layanan direktori bisnis online yang bernama China Pages, namun nasib baik masih belum berpihak kepadanya. Kemudian, pada tahun 1999, Ma mengumpulkan 18 orang di apartemennya Hangzhou untuk menyampaikan visinya dalam pembuatan situs e-commerce bernama Alibaba.

Situs Alibaba pun berhasil diluncurkan dengan dana sebesar $ 60.000 yang dikumpulkan bersama dengan teman – temannya. Pemilihan nama Alibaba ini karena mudah di ingat dan juga mempunyai arti “Open Sesame” yaitu pintu harta karun.

Akhirnya, situs e-commerce yang dijalani Ma pun mengalami kemajuan hingga saat ini. Saham Alibaba terus naik hingga saat ini, situs Alibaba memiliki nilai seharga US$ 231 miliar, hal ini menjadi Alibaba sebagai situs terbesar setelah Apple, Google dan Microsoft. Pada usia Ma yang ke 50, ia pun berhasil mengumpulkan kekayaan bersih sebesar US$ 26,5 miliar.

Komentar