Polisi Diperbolehkan Mendaftar Sebagai Capim KPK

0
319
pendaftaran capim kpk
Proses penerimaan capim KPK akan berjalan dengan sangat ketat

Pendaftaran calon pimpinan KPK yang telah dibuka mendapat 189 pendaftar dengan latar belakang mulai dari advokat hingga polisi.

Adanya calon pendaftar dari lembaga kepolisian ini nampaknya dinilai sebagai cara untuk merusak organisasi KPK dari dalam. Namun, hal tersebut tidak digubris oleh Direktur Pusat Kajian Anti Korupsi ( Pukat ) UGM Zainal Arifin Mochtar, ia memperbolehkan para anggota polisi untuk menjadi pendaftar.

Menurutnya, setiap orang memiliki hak yang sama untuk mendaftar menjadi seorang Capim KPK. Asalkan orang tersebut mempunyai latar belakang yang baik dan integritas yang tinggi.

“Silakan saja anggota Polri mendaftar capim KPK. Yang tidak boleh mendaftar hanya polisi tidur. Jika dia mampu dan mempunyai integritas, ya enggak apa-apa mendaftar. Soal rekam jejak, beberapa kita juga sudah mencatat ada yang bermasalah,” ucap Zainal di Yogyakarta, Sabtu (20/6/2015).



Ia juga mengatakan setiap orang yang mendaftar, nantinya akan ditinjau latar belakangnya. Apakah orang tersebut pernah terkena kasus atau tidak. Kualitasnaya pun akan di lihat terlebih dahulu, apakah memadai atau tidak.

“Yang tidak berintegritas dan tidak mempunyai kapasitas, maka tetap tidak layak untuk memimpin KPK,” tutur Zainal.

Banyaknya calon pendaftar Capim KPK ini, Zainal pun berharap agar tim panitia seleksi Capim KPK bisa lebih cermat dalam memilah milih mana yang pantas untuk menduduki jabatan tersebut.

Komentar